project

Gambaran Umum

1. Deskripsi Geografis

Secara geografis Puskesmas Mojosari berada di Jalan Hasanudin Candirejo Gg.II No.7 Dusun Meduran, Desa Awang- awang, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Transportasi antar wilayah dihubungkan dengan jalan darat yaitu jalan desa. Jalan Desa/Kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Mojosari sebagian besar sudah beraspal dan mudah dijangkau dengan sarana transportasi umum.

2. Batas Wilayah

Adapun batas-batas wilayah kerja Puskesmas Mojosari, adalah :

  • Sebelah Utara         : Desa Jotangan – Kecamatan Mojosari
  • Sebelah Selatan     : Desa Jati langkung - Kecamatan Pesanggrahan
  • Sebelah Timur        : Desa Tunggalpager – Kecamatan Pungging
  • Sebelah Barat         : Desa Menanggal – Kecamatan Mojosari

3. Luas Wilayah

Puskesmas Mojosari termasuk dalam Kecamatan Mojosari dengan luas wilayah kerja 12 km² yang meliputi 6 Desa dan 5 Kelurahan. (sumber : dinas pekerjaan umum dan penataan ruang kabupaten Mojokerto tahun 2020).

4. Keadaan Demografi

Jumlah penduduk di wilayah kerja Puskesmas Mojosari pada tahun 2021 adalah 44.943 jiwa, dengan jumlah rata-rata jiwa / rumah tangga  4,1 Jiwa. Terdiri dari penduduk laki-laki 22.608 jiwa dan perempuan 22.335 jiwa. Tingkat kepadatan penduduk mencapai 3.745,3 jiwa/km². Rasio  jenis kelamin di Wilayah kerja Puskesmas Mojosari pada tahun 2021 adalah 101,22 artinya setiap 100 penduduk perempuan terdapat 101 penduduk laki-laki.

 

Sumber : Buku Profil Kesehatan UPT Puskesmas Mojosari tahun 2021